Jadi Sarjana Gratis di Jepang, Mau?

Pemerintah Jepang membuka program beasiswa S-1, D-3, dan D-2 untuk siswa SMA. (Foto: situs Kedubes Jepang) 

Pemerintah Jepang membuka program beasiswa S-1, D-3, dan D-2 untuk siswa SMA. (Foto: situs Kedubes Jepang) 

  Beasiswa Monbukagakusho yang satu ini sedikit berbeda karena ditujukan bagi para siswa SMA. Kamu yang berminat meneruskan studi sarjana (S-1), serta diploma dua dan tiga di Jepang bisa melamar untuk beasiswa dari pemerintah Jepang ini.  

Beasiswa untuk melanjutkan studi ke universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang ini mulai berlaku pada tahun akademik 2013. Jika berminat, kamu hanya bisa mendaftar untuk satu program studi (prodi) S-1, D-3, atau D-2.

Untuk melamar beasiswa ini, kamu haruslah lahir antara tanggal 2 April 1991 dan 1 April 1996. Kamu harus lulus dari SMA atau akan lulus maksimal 31 Maret 2013. Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas XII semester/cawu terakhir minimal 8,4 untuk program S-1, 8,0 untuk program D-3, dan 8,0 untuk program D-2. Jika hingga tenggat waktu pendaftaran ijazah aslimu belum keluar, maka kamu bisa menggunakan ijazah sementara dari sekolah.

Formulir pendaftaran bisa kamu unduh dari situs resmi Kedutaan Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html. Lengkapi berkas pendaftaranmu dengan fotokopi rapor, ijazah, dan nilai ijazah. Kamu bisa mengantar langsung atau mengirimkan berkas pendaftaranmu ke Kedutaan Besar Jepang Jl. M.H. Thamrin 24 Jakarta Pusat 10350. Tenggat pendaftarannya 15 Juni 2012, ya.

Jika ingin informasi lebih jelas, kamu bisa menghubungi Kedutaan Besar Jepang, Bagian Pendidikan, di nomor telepon 021-3192-4308 Ext. 175 dan 176 atau simak laman http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.(rfa)

0 comment:

Poskan Komentar