Habits, It's Must !

http://andrewschultz.com/wp-content/uploads/2012/02/habits.jpgHabits ? Mmmh.. mungkin diantara kita ada yang masih bingung mendefinisikan hal yang satu ini.  Sebenarnya, Habits adalah suatu kebiasaan yang diciptakan melalui dua hal, yaitu practice (latihan) dan repetation (pengulangan).  Dan habits ini juga merupakan suatu hal yang menyatu dalam diri manusia.  Makhluk sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT.
 
Sejenak kita berpikir, apa sih sebenarnya pentingnya habits ? Habits/kebiasaan ini sangatlah penting untuk menciptakan suatu tindakan secara otomatis dan tanpa harus dikendalikan terlebih dahulu.  Dan kita tetap ingat bahwa yang harus kita ciptakan bukanlah habits yang buruk, akan tetapi ciptakanlah habits yang diperintahkan oleh Allah SWT.  Tentunya habits/kebiasaan baik.


Contohnya, Allah SWT memerintahkan hambanya untuk senantiasa menunaikan shalat tahajjud di sepertiga malam.  Jika kita tidak menjadikan ini sebagai sebuah habits, mustahil kita akan istiqamah menjalankan hal tesebut.  Mengapa ? Ketika awal mungkin kita segera bangun di malam hari kemudian melakukannya.  Tapi ingat, suatu hal apabila tidak dibiasakan pasti akan kembali sulit untuk melakukannya kembali.

Tidak hanya shalat tahajjud, bahasa pun adalah sebuah kebiasaan.  Ada sebuah pepatah yang mengatakan Bisa karena Biasa.  Beginilah habits.  Mengapa kita begitu lancar mengucapkan bahasa indonesia ? Karena setiap hari, setiap kita bertemu dengan orang kita menggunakan bahasa itu.  Dan merupakan hal yang wajar apabila ada anak yang baru berumur 4 tahun sudah bisa berbicara bahasa arab selancar guru yang kuliah di Mesir selama 10 tahun.  Inilah Habbits.  Istimewa bukan ?

Dan masih banyak lagi hal yang harus membutuhkankan habits.  Ingat, cita-cita itu butuh habits.  Mustahil jika kita ingin menjadi seorang koki terkenal di dunia sedangkan kita setiap hari jarang menyentuh alat-alat memasak.  Mustahil jika kita ingin menjadi seorang jurnalistik handal dan profesional, sedangkan menulis dan membaca bukanlah habits kita.  Dan mustahil jika kita ingin menjadi pengemban dakwah luar biasa, jika kita malas berbicara dengan orang dan mencari ilmu tsaqafah islam.

So, intinya Habits, It's Must ! Habits, itu perlu.  Habits bukanlah sebuah tambahan atau hiasan dalam diri kita.  Akan tetapi habits adalah makanan pokok bagi diri kita.  Bersemangatlah untuk menciptakan habits baik kita ! Insya Allah... [] Sifr Ar-Razi

0 comment:

Poskan Komentar