Tips cari pekerjaan mahasiswa di Jerman


Setelah membahas jenis-jenis pekerjaan mahasiswa di Jerman, posting yang kali ini saya mau bagi-bagi beberapa hal yang penting dalam mencari pekerjaan mahasiswa di Jerman. DAAD Website juga menawarkan informasi yang cukup bagus mengenai bekerja sebagai mahasiswa di Jerman, linknya http://www.daad.de/deutschland/deutschland/leben-in-deutschland/06167.en.html.
Dari sudut pandang saya ada 5 hal penting untuk cari pekerjaan mahasiswa di Jerman.

1. Surat-surat
Syarat pertama untuk boleh kerja sebagai mahasiswa di Jerman adalah ijin kerja yang biasanya tercantum bersamaan dengan visa ijin tinggal di dalam passport bisa didapat dari kantor imigrasi(Ausländerbehörde). Ijin kerja ini hanya didapat bagi yang di Studienkolleg, FH, atau Universitas. Bagi yang masih di sekolah bahasa, mereka tidak diperbolehkan untuk bekerja. Ijin kerja yang tercantum terbatas untuk bekerja 90 hari atau 180 setengah hari per tahun. Contoh, libur musim panas 2012 saya bekerja penuh dari tanggal 1 Agustus sampai 20 September. Jumlah hari bekerja 31 + 20 = 51. Setau saya walaupun Sabtu dan Minggu saya tidak bekerja, tetap dihitung ke dalam 90 hari. Artinya untuk tahun 2012 sisa waktu kerja saya tinggal 39 hari. Surat kedua yang diperlukan adalah kartu pajak(Lohnsteuerkarte). Kartu pajak bisa didapat dari kantor daftar diri(Einwohnermeldeamt).


2. Waktu
Ada 2 waktu yang perlu diperhatikan. Yang pertama waktu yang diperbolehkan untuk bekerja yaitu 90 hari atau 180 setengah hari per tahun, seperti yang sudah saya bahas di atas. Yang kedua adalah waktu yang sebaiknya digunakan untuk bekerja. Sebaiknya gunakan waktu untuk bekerja weekend atau pada masa liburan supaya tidak mengganggu studi. Pada dasarnya mahasiswa yang kuliah dengan benar tidak bisa bekerja lebih dari 90 hari, karena sisa-sisa waktunya diperlukan untuk studi. Selain itu ada 1 peraturan lagi, yaitu selama semester(bukan masa liburan) mahasiswa hanya diperbolehkan untuk bekerja 20 jam seminggu.

3. Koneksi
Koneksi(Beziehnung) adalah aspek berikutnya yang penting, khususnya bagi yang baru di Jerman. Koneksi bisa seorang teman yang sudah berpengalaman bekerja di musim panas, dia mungkin bisa membantu untuk mencarikan pekerjaan. Atau koneksi bisa juga dosen/professor di Universitas yang mungkin perlu bantuan mahasiswa.

4. Komitmen
Komitmen penting sewaktu mencari pekerjaan, karena pekerjaan tidak akan datang dengan sendirinya. Kita harus pro aktif cari pekerjaan lewat segala sumber, dari agen(Zeitarbeit), koneksi, perusahaan/pabrik, dan yang lain-lain. Sering kali yang menjadi hambatan adalah bahasa. Karena merasa kurang yakin dengan kemampuan bahasa, jadinya pasif menunggu pekerjaan datang. Kalau begini sifatnya, kita kalah dengan ibu-ibu orang turki, yang mungkin hanya selesai sekolah dasar dan tidak bisa berbahasa Jerman, tetapi kerja setiap hari di pabrik.

5. Kemampuan
Kemampuan adalah nilai tambah untuk mendapat pekerjaan. Khususnya di Jerman, mereka sangat menghargai kemampuan seseorang, karena itu gaji tenaga ahli di Jerman tinggi. Kemampuan pertama yang penting adalah kemampuan berbahasa Jerman yang fasih, karena dengan demikian lebih mudah untuk meyakinkan orang yang memberi pekerjaan. Kemampuan berikutnya bisa bermacam-macam. Perusahaan sering mencari orang dengan kemampuan excel, html/css/javascript, programming. Perusahaan taxi mencari supir(dengan SIM Jerman). Perusahaan bangunan mencari orang yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan bangunan(nge-cat, pasang wallpaper, pasang laminat)
5 points di atas hanya sebagai patokan hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan. Pastinya masih ada banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan. Semoga posting ini bisa membantu untuk persiapan mencari pekerjaan mahasiswa di Jerman.

0 comment:

Poskan Komentar