It's time for Hisab

http://hourex150l.files.wordpress.com/2011/05/sujud.jpgAllah SWT berfirman : “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7).

 Dengan mendengar ayat ini, sudah sepantasnya kita bersyukur dengan apa yang Allah SWT persembahkan kepada manusia.  Mulai dari nikmat hidup, bernafas, sehat, dan masih banyak lagi nikmat yang tak dapat dihitung dengan jari.  Mulai dari yang terkecil hingga terbesar.  Mulai dari nikmat yang sering kita lupakan hingga yang paling sering kita ingat dan bangga-banggakan.  Seperti inilah nikmat.  Terkadang terasa sederhana namun lupa kita syukuri keberadaannya.

It's time for Hisab !


Sekarang, inilah waktunya menghisab diri kita.  Sudah sajauh mana kita memanfaatkan nikmat yang telah Allah SWT berikan untuk jalan kebenaran.  Atau sudah sejauh mana kemaksiatan yang kita lakukan dengan kenikmatan tersebut.  Cobalah kita mengingat perkataan Umar Al-Khattab RA, 



“Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab oleh ALLAH SWT kelak. Bersiaplah menghadapi Hari Perhitungan yang amat dahsyat. Sesungguhnya hisab pada Hari Kiamat akan terasa ringan bagi orang yang selalu menghisab dirinya ketika di dunia.”  [Lihat Al-Mubarakfuri, Tuhfah al-Ahwadzi bi Syarh Jami’ at-Tirmidzi].

Peganglah mata kita yang Allah SWT berikan untuk melihat.  Sekarang, sudahkah kita menggunakan indera ini untuk melihat kekuasaan Allah ? Sudah seberapa banyak tanda kekuasaan Allah yang telah kita pandang ? Atau sudah seberapa banyak kemaksiatan yang sudah kita pandang dengan indera ciptaan Allah ini ? Hisablah diri ini, hitunglah berapa jumlah kemaksiatan yang telah kita lakukan di dunia ini.  Yakinlah bahwa hisab di hari kiamat itu lebih dari apa yang kita bayangkan.  Dan Allah SWT telah berjanji bagi siapa saja yang senantiasa menghisab diri untuk akhirat.

QS.59:18 

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Sudahkah kita menghisab diri kita ? Ataukah hisab yang akan menanti kita di akhirat nanti ? Pilihan ada di tangan kita.. Life is choice.  Hidup adalah pilihan.  Jika kita berusaha menghisab diri untuk akhirat nanti, Insya Allah.. Pertolongan Allah SWT akan hadir dan menaungi kita di yaumul akhir.  Akan tetapi, jika kita lalai dan memilih jalan yang bukan diridhoi oleh-Nya, maka jangan harap pertolongan Allah akan hadir disamping kita.  Choose our life carefully... Insya Allah. []  

0 comment:

Poskan Komentar